Sang Pembuat Youtube

February 24, 2014

     

 1.   Chad Hurley
Nama Lengkap : Chad Meredith Hurley
Alias : No Alias
Profesi : -
Tempat Lahir : Birdsboro, Pennsylvania
Tanggal Lahir : Kamis, 21 Juli 1977
Zodiac : Cancer
Istri : Kathy Clark





Seorang pengusaha internet yang merupakan satu dari tiga penemu situs berbagi video Youtube. Chad Hurley adalah anak ke-2 dari tiga bersaudara pasangan Don dan Joann Hurley. Sejak kecil, Hurley memiliki ketertarikan yang sangat besar di bidang seni, namun ia berpindah jalur ke dunia komputer dan media elektronik ketika duduk di bangku SMA. Ia merupakan anggota Himpunan Pelajar Teknologi di Twin Valley High School. Tahun 1995, Hurley melanjutkan sekolahnya di Indiana University dan mengantongi gelar Bachelor of Arts Seni Rupa pada tahun 1999.
Setelah lulus dari Indiana University, Hurley bekerja di eBay di divisi Paypal. Salah satu tugasnya adalah mendesain logo asli PayPal. Di sanalah Hurley bertemu dengan pendiri Youtube yang lain, Steve Chen dan Jawed Karim.
Bersama dua koleganya, Hurley mendirikan situs berbagi video yang populer tersebut. Setahun setelah peluncuran perdananya, Youtube berhasil menduduki ranking 10 situs yang paling banyak dikunjungi. Dilaporkan bahwa setiap harinya ada sekitar 100 juta klip yang ditonton dan penambahan sekitar 65.000 video baru setiap 24 jam. Keberhasilan Hurley dalam mendirikan dan mengembangkan situs Youtube membuat dirinya dinobatkan sebagai satu dari 50 orang yang paling berpengaruh tahun 2006 versi majalah Business 2.0.
Tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurley menjual Youtube kepada Google, Inc. senilai $1,65 miliar. Dalam Jurnal Wall Street dilaporkan bahwa saham Hurley dalam penjualan senilai 1.65 milyar dari YouTube adalah 345.6 juta Dollar di Google. Pada 7 Februari 2007, pada penutupan harga saham sebesar $470,01 per lembar Hurley  menerima 694.087 lembar saham Google dan 41.232 lembar saham kepercayaan. Sedangkan dua pendiri Youtube lainnya, Chen dan Karim, menerima 625.366 lembar saham dan 137.443 lembar saham masing-masing senilai US $326.2 juta dan US $64.6 juta.
Oktober 2010, Hurley mengundurkan diri sebagai CEO YouTube dan menyatakan ia akan tetap sebagai penasehat dari YouTube, yang memungkinkan Kamangar Salar untuk mengambil alih posisi CEO.
Selain aktif di Youtube, Hurley bergabung dalam investor utama Tim US Formula 1. Namun, pada Maret 2010, tim ini diberhentikan dari tugas dan dibubarkan secara tidak resmi. Baik Hurley, pimpinan tim Ken Anderson, maupun Direktur Olahraga Peter Windsor akan mengomentari kejadian ini. Menurut rumor yang beredar, Hurley masih tetap mencoba untuk terlibat dalam F1 melalui tim lain.

Sumber :http://profil.merdeka.com/mancanegara/c/chad-meredith-hurley/
2.  Steve Chan

Nama Lengkap : Steve Chen
Alias : Steven Shih Chen
Profesi : -
Tempat Lahir : Taipei
Tanggal Lahir : Jumat, 18 Agustus 1978
Zodiac : Leo


Steve Chen adalah seorang wirausahawan internet beretnis Taiwan-Amerika  yang membantu peluncuran website video-sharing Youtube pada tahun 2005 lalu. Ia juga menjabat sebagai Kepala Bagian Teknologi Youtube. Chen yang lahir di Taipei, Taiwan, 32 tahun yang lalu ini termasuk kedalam daftar 50 orang paling berpengaruh versi majalah Business 2.0 edisi tahun 2006. Ia bersama keluarganya berpindah dari Taipei ke Amerika ketika Chen masih berusia 15 tahun dan kini Chen bersama istrinya, Jamie Chen, dan putra mereka tengah tinggal di kawasan San Fransisco.

Chen pernah bekerja untuk PayPal selama beberapa bulan sebelum ia akhirnya berhenti untuk mengerjakan proyek Youtube-nya bersama Chad Hurley dan Jawed Karim yang sama-same mantan pegawai di PayPal. Setelah Youtube sukses diluncurkan pada tahun 2005, Chen ditunjuk menjadi Kepala Bagian Teknologi untuk situs video-sharing tersebut. Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurley memutuskan untuk menjual Youtube kepada Google Incorporation dengan harga 1.65 Milyar Dollar AS. Chen mendapatkan bagian sebesar 625,366 saham Google. Saham Google yang diterimanya berharga sekitar 485 juta Dollar AS per harga penutupan saham Google tanggal 28 Desember 2012.

Youtube dengan cepat meraih popularitas di dunia maya dan mendapatkan peringkat ke-10 sebagai website paling populer hanya dalam waktu satu tahun setelah diluncurkan. Kini, tercatat lebih dari 100 juta klip di Youtube yang ditonton oleh jutaan pengguna website setiap harinya dengan lebih dari 65.000 video baru yang di upload setiap 24 jam. Pada tahun 2011, Chen juga termasuk kedalam daftam “15 Scientist to Watch” oleh majalah Asian Scientist magazine. Saat ini, Chen bersama rekannya, Chad Hurley, bersama-sama telah memulai sebuah perusahaan internet yang diberi nama AVOS Systems Inc. 
Sumber : 
http://profil.merdeka.com/mancanegara/s/steve-chen/

3.  Jawed Karim

Nama Lengkap : Jawed Karim
Alias : No Alias
Profesi : -
Tempat Lahir : Merseburg, Jerman
Tanggal Lahir : Minggu, 28 Oktober 1979
Zodiac : Scorpion

Jawed Karim, seorang pemuda berdarah campuran Bangladesh - Jerman, kini berprofesi sebagai entrepreneur internet. Ia juga dikenal luas sebagai orang yang turut andil dalam pembuatan sebuah website popular, YouTube. 

Tak sedikit dari komponen-komponen inti PayPal didesain oleh Karim. Ia lahir di Merseburg, Jerman Timur, namun ia tumbuh besar di daerah Nessus, Jerman Barat. 

Karim kemudian pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1992, dua tahun setelah penggabungan Jerman Barat dan Jerman Timur. Ia mengambil pendidikan tinggi di University of Illinois setelah lulus dari Central High School di Minnesota. 

Karim mendapatkan pekerjaan di Paypal ketika ia masih mengambil pendidikan tingginya sehingga ia sempat meninggalkan kuliahnya untuk bekerja. Namun, ia memutuskan untuk meneruskan kuliahnya dan berhasil mendapatkan gelar S1 di bidang Ilmu Komputer dari University of Illinois pada tahun 2004. 

Di PayPal, ia bertemu dengan dua partnernya, Chad Churley dan Steve Chan, yang kemudian mereka bertiga bersama menciptakan website video sharing bernama Youtube pada tahun 2005. Video pertama yang di unggah ke YouTube yang berjudul Me at the Zoo, di unggah oleh Karim pada tanggal 23 April 2005.

Setelah menciptakan YouTube bersama Chad Hurley dan Steven Chan, Karim lalu memutuskan untuk mengambil pendidikan lanjutan di Stanford university untuk mendapatkan gelar S2  jurusan Ilmu Komputer. Saat itu, Karim juga bertindak sebagai penasehat teknis YouTube. 

Saat YouTube di beli oleh pihak Google, Karim mendapatkan bagian sebanyak 137,443 saham dengan nilai lebih dari 64 juta dollar berdasarkan nilai jual saham Google pada saat itu. Putra dari Christine Karim, seorang ilmuwan Jerman sekaligus professor biokimia di University of Minnesota, ini baru-baru ini meluncurkan sebuah website bernama Youniversity Karim Ventures yang bertujuan untuk membantu para mahasiswa atau mereka yang telah lulus untuk mengembangkan dan mempublikasikan ide-ide bisnis mereka. 

Sumber : 
http://profil.merdeka.com/mancanegara/j/jawed-karim/

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar
  • Saya yang mengatur blog ini sendiri, jadi, Silahkan berkomentar bila punya kritik atau saran, dan maaf bila di postingan ini ada salah penulisan kata, saya mengharapkan komentar-komentar baik dari kalian. Tolong kepada para pembaca untuk menjaga tutur kata dalam berkomentar. Terima Kasih....