Andrea Hirata (Terkenal Dengan Novel Laskar Pelangi)

April 19, 2014

PROFIL

Nama : Andrea Hirata Seman Said Harun
Tanggal Lahir : 24 Oktober 1976
Tempat Lahir Belitung, Indonesia
Pekerjaan : Penulis


BIOGRAFI


Andrea Hirata Seman Said Harun atau dikenal sebagai Andrea Hirata adalah seorang novelis yang telah merevolusi sastra indonesia.

Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.

Andrea mendapat beasiswa program master di Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude.

Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.


Novel pertamanya adalah Laskar Pelangi novel sastra yang paling laris di indonesia pada tahun 2006 sampai sekarang

Andrea Hirata telah menerbitkan delapan karya yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008), Padang Bulan (2009), Cinta di Dalam Gelas (2009), Sebelas Patriot (2010), dan Laskar Pelangi Song Book (2012). Laskar Pelangi Song Book berisi kisah-kisah dari Negeri Laskar Pelangi (Belitong) dan lagu-lagu karya Andrea Hirata yang dibawakan oleh Meda dan Cut Niken.

Andrea sudah menghasilkan 4 tetralogi novel
diantaranya :

1.Laskar Pelangi
2.Sang Pemimpi
3.Edensor
4.Maryama Karpov.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Silahkan Berkomentar
  • Saya yang mengatur blog ini sendiri, jadi, Silahkan berkomentar bila punya kritik atau saran, dan maaf bila di postingan ini ada salah penulisan kata, saya mengharapkan komentar-komentar baik dari kalian. Tolong kepada para pembaca untuk menjaga tutur kata dalam berkomentar. Terima Kasih....